Main Media Sosial di Waktu Senggang Pengaruhi Stabilitas Mental

Media Sosial di Waktu Senggang

Main Media Sosial di Waktu Senggang Pengaruhi Stabilitas Mental – Tahukah Anda bahwa media sosial di waktu senggang memberi pengaruh yang cukup besar? Ketika Anda mengerjakan proyek yang sulit, sering kali merasa terbantu untuk melompat ke telepon Anda dan sedikit rileks saat Anda beristirahat sejenak.

Baca Juga: Orang yang Kebiasaan Pakai Emotikon Lebih Sering Berhubungan Seks

Menurut sebuah penelitian baru, melihat atau beraktivitas di media sosial untuk rileksasi sebenarnya memiliki efek buruk. Jika Anda benar-benar ingin rileks, mungkin lebih baik jauhkan telepon Anda untuk meningkatkan stamina mental Anda.

Studi yang dipublikasikan dalam Journal of Behavioral Addictions, menemukan bahwa ada biaya mental yang tinggi terkait dengan meraih ponsel Anda untuk stimulasi pasif antara tugas-tugas lain.

Hasilnya didasarkan pada pengalaman mahasiswa sarjana yang berpartisipasi, yang semuanya ditugaskan untuk memecahkan serangkaian teka-teki kata yang menantang. Namun, ketika mereka diizinkan untuk beristirahat dan menggunakan telepon mereka, efisiensi dan kecepatan mental mereka anjlok.

Baca Juga: Pasangan yang Paling Berbahagia Sekalipun Pasti Sering Hadapi Masalah

Peserta yang melakukan istirahat sejenak di tengah tugas membutuhkan waktu 19% lebih lama untuk menyelesaikan tugas yang diberikan, dan memecahkan masalah 22% lebih sedikit daripada peserta lain. Tapi itu bukan waktu istirahat secara umum yang menyebabkan menipisnya energi mental.

Secara khusus istirahat dengan melihat ponsel mereka: Orang-orang yang mengambil istirahat dengan ponsel mereka mengalami penurunan mental yang jauh lebih tinggi daripada rekan-rekan yang mengambil istirahat di komputer atau di atas kertas.

Berdasarkan kesimpulan ini, penulis penelitian berpendapat bahwa bahkan melihat ponsel seseorang akan membuat kebutuhan psikologis untuk memeriksa dengan interaksi lain.

Baca Juga: Menjadi Manusia Pagi Tidak Sesulit yang Anda Bayangkan

Karena ponsel memiliki begitu banyak bentuk komunikasi pada perangkat yang sama, orang tampaknya memiliki pikiran setengah sadar di telepon setiap saat. Kesadaran penuh ini secara logis diperburuk dengan berinteraksi dengan [telepon] sejenak selama istirahat.

Dampak ponsel pada energi mental tampaknya terjadi bahkan jika ponsel Anda berada di dekat Anda ketika Anda mencoba berkonsentrasi. Memang, sebuah studi tahun 2015 yang diterbitkan dalam Journal of Experimental Psychology menyimpulkan bahwa bahkan dengungan atau efek suara dari notifikasi telepon sudah cukup untuk menciptakan gangguan signifikan di otak Anda.

Baca Juga: Kebiasaan Vape Bisa Pengaruhi Kualitas Tidur

Namun, sebelum Anda benar-benar menjauhkan ponsel Anda,  ingatlah bahwa tidak semua waktu luang dibuat sama. Karena kadang-kadang, Anda perlu istirahat kesehatan mental daripada istirahat fokus-memulihkan dari tugas kerja tertentu. Dan ponsel semakin menjadi bagian dari upaya eksplisit untuk memberi orang istirahat penyelamatan jiwa pada hari-hari kesehatan mental yang sangat sulit.

Menurut sebuah studi tahun 2016 tentang tunawisma muda kulit berwarna, yang diterbitkan dalam Journal of Health Communications, menemukan bahwa koneksi yang dilakukan melalui ponsel sangat penting untuk kesehatan mental anak tunawisma.

Demikian pula, intervensi berbasis SMS telah terbukti membantu mengurangi perasaan segera ide bunuh diri dan untuk membantu orang terhubung dengan lebih banyak layanan sosial IRL, menurut sebuah studi 2016 yang diterbitkan dalam Journal of Psychosocial Nursing dan Needs Health Mental.

Baca Juga: Jangan Ambil Keputusan Saat Perut Lapar

Dan ada banyak gangguan lain yang tersedia di ponsel Anda yang dapat membantu meningkatkan kesehatan mental Anda. Aplikasi serangan panik yang dipimpin oleh wanita dan aplikasi bantuan kecemasan Rootd, misalnya, menawarkan pengguna berbagai strategi untuk menenangkan kecemasan dan mengatasi serangan panik.

Dan aplikasi kesehatan mental Huddle dirancang untuk orang-orang dari komunitas yang terpinggirkan untuk menawarkan dukungan sebaya satu sama lain, menawarkan kelonggaran dari stigma ganda menjadi orang kulit berwarna atau orang aneh dengan perjuangan kesehatan mental.

Jadi, jika Anda meluangkan waktu “istirahat” di ponsel untuk mengirim pesan teks untuk bantuan atau menggunakan aplikasi yang mengurangi kecemasan, energi dan ketahanan mental Anda mungkin berterima kasih.

Baca Juga: Simak Efek Rasa Bersyukur Pada Otak Manusia

Jadi lain kali Anda pergi untuk memeriksa ponsel Anda tanpa alasan tertentu, cek sendiri tentang mengapa Anda melakukannya dan bagaimana perasaan Anda sesudahnya. Karena tidak semua istirahat adalah diambil untuk alasan yang sama, dan Anda mungkin hanya membuat hari Anda menyenangkan.

Related Post